Cara Menghindari Macet Menuju Lembang ? Berikut 5 Alternatifnya

Sewa Mobil Bandung

Jalan alternatif Ke Lembang – Apa yang ada di benak anda jika mendengar Kota Lembang? Yang pertama diingat pastinya tempat wisata, karena Lembang merupakan pusatnya destinasi wisata paforit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Selain itu banyak juga wisata kuliner yang bisa ditemui di Lembang dengan ragam makanan yang bisa anda nikmati.
jalan alternatif ke lembang
Pict from Google

Akses yang bisa ditempuh untuk menuju Lembang jika dari Bandung yaitu Jl.Setiabudhi yang merupakan jalan utama ke Kota Lembang. Namun jalan ini jika masuk di musim libur atau Weekend selalu dipenuhi dengan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan yang panjang. Akibatnya waktu yang digunakan terasa sia-sia diakibatkan macet yang membuat anda menjadi cepat lelah dan stress.
Jalan Alternatif Ke Lembang Yang Bisa Anda Lalui

Kota Lembang memang memiliki udara yang sejuk dan pastinya sangat mendukung apabila digunakan sebagai tempat untuk anda beristirahat. Namun jika masuk dimusim libur panjang atau weekend suasana lembang menjadi padat dipenuhi oleh wisatawan yang datang dari dalam dan luar kota. Efeknya macet dimana-mana, jalanan dipenuhi oleh kendaran roda dua dan roda empat sampai kendaraan besar seperti bus dll.

Untuk menghindari kemacetan yang panjang saya akan memberikan beberapa pilihan jalan alternatif yang bisa anda lalui jika ingin menuju Lembang. Namun hal penting yang harus diperhatikan adalah kendaraan yang anda gunakan harus prima serta sopir yang mahir. Karena jalan yang ditempuh rata-rata memiliki tanjakan dan tikungan yang curam.

1. Jalan alternatif pertama yaitu melalui Ciumbuleuit – Punclut – Lembang

Jalur ini masuknya dari jalan Siliwangi atau Cihampelas, naik menuju Jalan ciumbuleuit kemudian belok kanan di pertigaan depan RS Salamun. Anda akan melewati jalan yang cukup menanjak, namun disepanjang jalan akan disuguhkan dengan tempat makan dikiri kanan jalan serta pemandangan yang langsung mengarah ke Kota Bandung. Setelah melewati beberapa tanjakan curam anda akan melewati Sesko AU lalu melewati jalan Cijeruk dan akhirnya sampai ke Kota Lembang.

2. Jalan alternatif berikutnya yaitu Dago Giri – Maribaya – Lembang

Jalur ini mudah diakses jika dari Kota Bandung yaitu melalui Terminal Dago, Jalan yang dilewati tidak terlalu besar dan hampir semua rute yang ditempuh merupakan tanjakan. Jadi kendaraan yang anda gunakan haruslah benar-benar prima untuk melewati jalan ini. Jika sudah sampai di daerah Cikidang Maribaya anda tinggal belok kiri di pertigaan menuju arah Lembang.

3. Jalan alternatif selanjutnya adalah Pasteur – Sarijadi – Pondok Hijau – Sersan Bajuri – Kol Masturi – Lembang

Keluar dari Tol Pasteur langsung belok kiri di pertigaan pertama menuju Sarijadi, kemudian lewat ke perumahan KPAD sebagai jalan alternatif untuk masuk ke Komplek Pondok Hijau. Keluar dari Pondok Hijau belok kiri masuk ke jalan Sersan Bajuri menuju arah Parongpong. Setelah melewati Kampung Gajah, belok kanan masuk ke Komplek Graha Puspa sebagai jalan pintas untuk masuk ke Jalan Kol Masturi, kemudian belok kanan menuju Lembang.

4. Jalan alternatif ke empat yaitu Padalarang – Cisarua – Parongpong – Lembang

Bagi pengendara yang keluar Tol Padalarang bisa melewati jalan alternatif ke Lembang yang satu ini. Bisa masuk dari Padalarang atau Cimahi melewati jalan Sersan Bajuri, anda akan melewati SPN cisarua, RSJ Cisarua, Dusun Bambu, Villa Istana Bunga dan langsung menuju Lembang. Jalan yang dilalui cukup bagus dan besar karena merupakan jalan utama menuju kantor Kabupaten Bandung Barat.

5. Jalan berikutnya yang bisa digunakan yaitu Cipali – Subang – Lembang

Rute yang satu ini bukanlah jalan alternatif, melainkan jalan utama atau jalan propinsi yang bisa dilalui jika anda melewati Tol Cipali. Keluar dari pitu Tol Subang melewati pemandian air panas Sari Ater dan pintu masuk ke tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu. Lalu melewati Cikole dan sampai dah ke Kota Lembang.

Demikian beberapa jalan alternatif ke Lembang yang bisa anda gunakan untuk menghindari kemacetan. Sekali lagi pastikan kendaraan yang anda gunakan dalam kondisi prima agar perjalanan anda lancar. Semoga bermanfaat.